Senin, 07 Februari 2011

KARAWANG SIAP JADI TUAN RUMAH MTQ JAWA BARAT 2012
Pemerintah Kabupaten Karawang menyatakan siap bila kemudian ditunjuk sebagai tuan rumah bagi penyelenggaraan kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran Tingkat Propinsi Jawa Barat Tahun 2012. Kesiapan itu disampaikan secara langsung oleh Wakil Bupati Karawang, dr. Cellica Nurachadiana  saat menerima kunjungan tim Panitia Pelaksanaan MTQ Propinsi Jawa Barat di Gedung Singaperbangsa Lt. III Pemkab Karawang, Selasa (1/2).
Wakil Bupati Cellica Nurachadiana dalam kesempatan tersebut mengatakan, Kab, Karawang telah berpengalaman dalam menyelenggarakan event-event bertaraf propinsi maupun nasional, termasuk diantaranya adalah sukses sebagai tuan rumah MTQ Jawa Barat pada tahun 1994 dan Porprov Jawa Barat tahun 2006. "Untuk tahun 2012, kami pun akan mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya," ujarnya.
Lebih lanjut Wakil Bupati mengatakan, pihak Pemkab Karawang sendiri telah mengalokasikan anggaran untuk mempercantik Kompleks Masjid Al-Jihad sehingga bisa memberikan nilai lebih bagi para peserta. "Yang siap menampung hingga 2.600 orang, dan kami pun siap untuk memberikan pelayanan terbaik bagi para peserta MTQ," jelasnya.
Wakil Bupati juga menambahkan, dirinya saat ini tidak hanya bertindak sebagai wakil bupati, melainkan juga sebagai seorang marketing untuk menjual Karawang sebagai tuan rumah MTQ. "Kami akan tunjukkan lokasi-lokasi yang menunjukkan bahwa Kab. Karawang layak menjadi tuan rumah MTQ Propinsi Jawa Barat Tahun 2012", tambahnya.
Panitia Pelaksana MTQ Propinsi Jawa Barat, Dady Iskandar mengatakan kunjungan tim nya ke Karawang adalah merupakan protap dan SOP yang harus dilaksanakan, dimana ketika ada pengajuan tuan rumah harus terlebih dilaksanakan survey. "Kab. Karawang sendiri muncul di saat injury time, sehingga harus segera dilaksanakan survey," ujarnya.
Dady menambahkan, sebagai tuan rumah, suatu daerah harus penuhi syarat sarana dan prasarana. Dari paparan yang disampaikan tadi, persiapan Karawang sudah sangat baik, dan anggaran pun telah disiapkan. "Namun demikian, hal lain yang perlu diperhatikan adalah SDM, sehingga MTQ dapat menjadi bagian dari masyarakat, dan tujuan syiar MTQ dapat tercapai," tambahnya.
Kepala Bagian Kesra Setda Kab. Karawang, H. Wahyu Suhudi mengatakan, Pemkab Karawang telah menyiapkan Masjid Al-Jihad sebagai lokasi panggung utama untuk penyelenggaraan pembukaan dan penutupan MTQ, dimana Lapang Karang Pawitan yang terletak persis di depan akan dijadikan sebagai lokasi pameran para kafilah dari kab/kota. "Sedangkan lokasi pawai taaruf dapat dilaksanakan di sepanjang jalan Galuh Mas, Tuparev, hingga ke Jalan By Pass," tambahnya.
Sejumlah tempat pertandingan dan penginapan para kafilah lainnya telah disiapkan oleh Pemkab Karawang guna penyelenggaraan MTQ nanti. Tempat-tempat tersebut diantaranya adalah Masjid Al-Jihad, Islamic Center, Masjid Raya Puri Telukjambe, Masjid Agung, Gedung KNPI, serta sejumlah hotel dan apartemen di wilayah Karawang Kota.
Sementara itu, dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Karawang, dr. Cellica Nurachadiana menyerahkan secara langsung surat permohonan Kab. Karawang untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan MTQ Propinsi Jawa Barat Tahun 2012. Surat tersebut diserahkan Wakil Bupati kepada perwakilan tim Panitia Penyelenggaraan MTQ Jawa Barat, Dady Iskandar.