Selasa, 08 Februari 2011

Bupati Melihat Lebih Dekat Proses Pengolahan 
dan Pemanfaatan Limbah B3 PT Tenang Jaya Sejahtera
PIMPINAN staf dan karyawan PT Tenang Jaya Sejahtera (TJS)  sangat mengapresiasi kunjungan Bupati Karawang H Drs Ade Swara,SH,MH ke lokasi pabrik yang berlokasi di Desa Kutamekar Kecamatan Ciampel, Karawang. Seluruh karyawan perusahaan yang dipimpin Tulus Widodo itu bersuka cita saat menyambut orang nomor 1 di Kabupaten  Karawang ini. Tulus langsung menuntun bupati Ade  untuk melihat dan mengamati secara langsung sistim kerja mesin insinerator dalam memusnahkan sampah atau limbah rumah sakit maupun limbah bahan beracun dan berbahaya (B3) lainnya.

Mesin insinerator milik TJS yang diimpor dari Italia mampu menghasilkan panas  1000 hingga 1200 derajat celcius sehingga sampah basah dan kering maupun limbah rumah sakit seperti bekas jarum suntik akan menjadi abu dalam hitungan detik. Tulus bersedia menginvestasikan 10 unit insinerator yang ramah lingkungan untuk membantu Pemkab Karawang dalam penanangan sampah agar Kabupaten Karawang menjadi daerah yang nyaman, asri dan hijau.

Sedangkan dalam memanfaatkan limbah B3 lainnya seperti sludge menjadi kertas low grade (kertas kualitas rendah) TJS menggunakan teknologi yang sederhana demikian juga dalam proses memanfaatkan limbah batubara  (fly ash dan bottom ash) yang diolah menjadi batako  setelah dicampur dengan pasir atras dan semen. Ditangan Tulus, limbah berbahaya itu diolah menjadi benda yang bermanfaat bagi manusia dan menghasilkan uang ratusan juta bahkan miliaran rupiah.

Selain usaha pemanfaatan limbah B3 menjadi bernilai ekonomi, TJS juga memiliki Waste Water Treatment Proses (WWTP) high teknologi yang sengaja diimpor  dari Italia. Limbah cair B3 seperti coolant, tinta, asam/ basa(larutan bekas) dan paraquat diproses  dengan sistim electric coagulation. Zat-zat kimia cair berbahaya itu diproses melalui energi listrik hingga zat kimia itu mengental dan sisanya menjadi air yang bening.

Zat kimia yang sudah mengental kemudian dibakar dengan menggunakan mesin insinerator.Sedangkan air bening hasil proses electro coagulation itu digunakan untuk memenuhi kebutuhan air pengolahan kertas low grade.

Khusus untuk pengolahan sampah, Tulus akan menggunakan bendera PT Lancar Abadi dan lokasinya direncanakan di Dusun Asem Desa Mulyasejati, Kecamatan Ciampel, Karawang.Tulus sudah membebaskan lahan seluas 8 hektar untuk mendukung program penanganan sampah ramah lingkungan tersebut.(ops/Radar Karawang)